Ketika Gempa Bumi Di Laboratorium Bagaimana Sikap Kita?

Sebagai negara maritim dan negara yang mempunyai banyak gunung vulkanik yang aktif gempa bumi sangat berpotensi terjadi di Indonesia. Kemudian bagaimana sikap kita ketika gempa bumi terjadi? silahkan simak ulasan dibawah ini.
Sebelum Terjadi Gempa Bumi

Hal pertama adalah lakukan pengamatan dengan mengidentifikasi tempat terbaik dan teraman untuk berlindung ketika gempa bumi terjadi. Laboratorium penelitian memiliki resiko lebih besar di banding tempat lainnya karena di dalam laboratorium terdapat bahan-bahan berbahaya, selain itu alat-alatnya terbuat dari kaca.

Baiknya dalam sebuah lab dibuat tempat khusus berlindung ketika gempa bumi atau bencana lainnya terjadi sehingga bisa meminimalkan resiko bahaya bagi para peneliti. dibawah ini adalah kriteria tempat yang aman untuk berlindung:

  • Jauh dari material dan benda berbahaya seperti bahan kimia berbahaya dan bahan yang mudah pecah.
  • Jauh dari benda yang bergerak atau bergeser seperti bangku
  • Benda berat berada di lantai
  • Peralatan yang mempunyai roda pastikan terkunci
Selama Gempa Bumi

Saat Gempa terjadi ikuti prosedur berlutut, lindungi dan pegang. Maksudnya adalah berlutut agar tidak terjepit benda-benda berbahaya dan kemudian berpindah dengan cepat ke tempat yang aman. Lindungi yaitu lindungi kepala kita dari benda-benda berbahaya dan Pegang yaitu berpegangan pada benda yang stabil dan kuat di ruangan sehingga kita tidak terguncang ketika gempa terjadi.

Setelah Gempa Bumi

Setelah gempa terjadi, pastikan semuanya aman karena potensi gempa susulan pun sangat mungkin terjadi. Sehingga perlu ada tindakan antisipasi adanya gempa susulan. Ini adalah tindakan antisipasi yang dapat dilakukan jika gempa susulan terjadi:

  •  Amankan semua material berbahaya.
  • Keluar dari gedung untuk menghindari terjebak di dalam gedung ketika gempa susulan terjadi.
  • Tidak masuk kembali ke dalam gedung sampai keadaan benar-benar aman
  • Cari area lapangan sebagai tempat berlindung

 

Itulah prosedur yang perlu diterapkan ketika gempa bumi terjadi, semoga bermanfaat.